Thursday, October 1, 2020

Hal Yang Kamu Tidak Butuh Untuk Minta Maaf? Emang Ada Ya?

    Hai hai hai kembali lagi bersama feuraisa si pemilik blog. Jadi gimana kabar kalian semua? Iya maaf ya karena baru bisa update sekarang nih. Dari para readers feuraisa, ada yang suka banget ngomong "maaf", atau "sorry" ga sih? Tau nggak, kalau terkadang ya, kita nggak butuh lho untuk berkata maaf?
"Lho emang iya ya?" dan jawabannya adalah I-Y-A. Disini, feuraisa punya beberapa hal lho yuk disimak!

1. Mencintai seseorang

   Nah sering banget nih nemuin orang yang suka banget bilang maaf cuma gara-gara dia mencintai seseorang. Rasanya mungkin udah kayak ngelakuin hal tabu banget gitu ya sampe minta maaf padahal cuma mencintai seseorang. Well, kalian berhak lho mencintai seseorang dan itu nggak salah *ya asal bukan yang bersuami atau beristri ya #plak.

2. Berkata "Nggak"

   Ini berlaku buat kalian yang emang punya hak dan kebenaran yang emang beneran ya! Alias jangan pasrah aja bilang maaf padahal mah kalian punya hak buat ngomong nggak. Ini bener-bener nggak butuh banget sih buat minta maaf gitu.

3. Mengikuti mimpimu

   Nah nah, salah satu yang kadang orang suka lalai nih kadang, suka minta maaf cuma gara-gara kamu ngikutin mimpimu udah berasa kayak dosa besar aja gitu padahal nggak ada salahnya lho ngikutin mimpimu sendiri *asal mimpinya wajar ya #uhuk. You deserve it jadi nggak butuh buat minta maaf!

4. Mengambil waktu "me time"

    Cuma gara-gara kamu ambil waktu "me time" kamu sampe harus minta maaf padahal itu nggak butuh lho karena yang tau tentang diri kamu ya kamu sendiri. Setiap orang pasti butuh "me time" kok, percaya deh *perlu diingat, me time-nya bener-bener yang nggak mengganggu semua orang ya jangan ketika kalian sibuk yang bisa ganggu semua orang terus kalian ambil me time mana lama pake banget, itu mah kalian kabur dari masalah bukan me time #pukpuk

5. Prioritas kamu

    Iya, sesuatu yang kamu prioritasin ga butuh buat minta maaf. Kadang suka ngerasa bersalah tuh sama diri sendiri gara-gara kamu lebih prioritasin masalah kamu sendiri terus kesannya nggak peduli jadi ya gitu bersalah, padahal sebenernya itu juga salah satu hak kamu lho! Ayo cheer up! 

6. Mengakhiri hubungan TOXIC

   Maaf agak di caps bagian TOXIC-nya karena udah sering banget nemuin tuh kasus yang orang-orang ngerasa kayak bersalah banget cuma gara-gara dia memutuskan buat mengakhiri hubungan yang TOXIC sampe minta maaf sana sini. Padahal itu nggak perlu!!!! sangat-sangat nggak perlu dan nggak butuh! Justru kamu hebat karena kamu bisa mengakhiri hubungan yang TOXIC lho! Congrats for you, dear.

7. Ketidaksempurnaan kamu

    Suka banget nih nemuin orang yang minder sama ketidaksempurnaannya sampe ngerasa salah aja gitu hidupnya sampe ngerasa nothing bahkan sampe minta maaf terus kediri sendiri bahkan ke orang lain juga ada lho. Please, ayo bangkit! Semua orang itu nggak sempurna cuma suka nggak kelihatan aja kok! PD aja deh mendingan! #pukpuk

8. Mengatakan kebenaran

    Nah last point, suka banget ada yang minta maaf cuma karena kamu mengatakan sebuah kebenaran. Kamu nggak butuh lho buat minta maaf kalau emang itu kebenaran dan emang bisa membangun dan yang terpenting disampaikan dalam kalimat, kata-kata, nada yang tepat nggak ngegas alias kalem dan nggak menyakiti gitu. Emang kebenaran suka pahit cuma kalau disampaikan dengan penyampaian yang tepat pasti nggak sakit-sakit banget kok!

   Jadi itu tuh 8 hal yang kamu nggak butuh buat minta maaf! Inget ya buat lebih sedikit percaya diri ke diri kamu sendiri. Mungkin nggak bisa berubah drastis tapi bisa dimulai dari mengurangi buat minta maaf untuk kasus yang kayak gitu ya! Tolong juga jangan disalah artikan dari hal yang nggak butuh buat minta maaf ini takutnya terjadi kesalahpahaman yang menjadi-jadi #eh. Intinya sekian dulu dari feuraisa. Jangan lupa buat stay healthy and stay safe, pakai masker, rajin cuci tangan! See you next week, byee!! :D

Location: Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Beneeer bangeeet :D. Kadang malah jengah tau, kalo dengerin orang yang seriiiiiing banget minta maaf. Ada tuh satu temen kantor yg dulu begitu. Dikit2 maaf, dimintain bantuan tapi ada sedikiiit salah, minta maaf lagi, padahal sbnrnya aku juga yg hrs terimakasih dia mau bantuin. Yg ada aku sebel Ama dia, Krn sesuatu yg menurutku dia ga usah minta maaf, tetep aja say sorry Mulu. Maaf yaaa, tapi terkadang aku ngeliat kesannya JD kayak menjilat.

    Kalo memang kita bener, ngapain juga minta maaf. Apalagi yg mengakhiri hubungan toxic, duuuh ngucap Alhamdulillah itu mah.

    ReplyDelete