Monday, February 22, 2016

Gimana Sih Cara Cari Kost? Bingung deh!

   Hai semua! Ketemu lagi bersama dengan saya dihari Senin! Iya, masih di hari Senin karena ternyata jadwal semester 2 saya liburnya masih hari Senin juga and i'm so happy with that! #yeay. Oh iya, berhubung kemarin waktu berkunjung ke kampung halaman ada saudara sepupu yang nanyain tentang seperti judul diatas maka saya jadi berinisiatif untuk menjadikannya sebagai post #cie.

   Kebanyakan, pasti kalian ada yang mengalami hal seperti ini bukan? Khususnya yang sebentar lagi akan masuk ke jenjang perkuliahan gitu deh. Eh ga taunya waktu lagi nyari, malah ada yang jadi salah pilih gara-gara ada yang terlewat? Eits.. Sekarang nggak lagi! Penasaran? Yuk coba diintip! Capcussss...

1. Kebersihan

    Iya, baik itu dari tampak depan dan didalam serta ruangan kamar itu sendiri! Perhatikan apakah tempat yang akan kamu tinggalin itu cukup bersih atau tidak? Jangan sampai kamu mengeluh nantinya!

2. Air Bersih

    Nah, karena kamu bakalan mandi, cuci apapun disana dengan air, otomatis kamu harus mengecek kondisi air disana bagaimana. Kalau masih bisa di atasis ih nggak masalah kalau nggak bisa ya udah #hening.

3. Listrik

     Karena sekarang sudah ada kost yang menggunakan voucher listrik, otomatis coba tanya apakah itu udah termasuk listrik atau belum? Dan pertanyaan lain yang ingin kamu tanyakan. Jangan sampai kamu lalai sama hal yang satu ini! #uhuk.

4. Aman

    Kondisi kost kamu tuh gimana? Terus kondisi waktu kamu jalan dari kost ke kampus gimana? Aman nggak? Coba diperhatikan tuh! #lirikkanankiri.

5. Ukuran kamar

    Sebenarnya menurut saya sih yang ini penting nggak penting sih. Kalau kamu emang orang yang cukup memuat banyak barang ya carilah yang ukurannya besar gitu. Kalau kamu orang simple ya udah ga usah besar-besar banget sebenarnya ga masalah kan? #mikirkeras.

6. Fasilitas

    Yang ini paling penting juga! Fasilitas yang disediakan di kostan sendiri itu apa? Jangan sampai fasilitas udah ada AC eh kamu malah bawa AC sendiri. Atau mungkin udah disediain kipas angin tetap bawa lagi. Kalau emang mau bawa lagi sih nggak apa juga #pucingpalaberbi.

7. Sirkulasi Udara

    Udara didalam kamar kamu gimana? Baik-baik aja nggak? Jangan sampai kamu ntar pingsan di kostan sendiri gara-gara sirkulasi udaranya begitulah #hmm.

8. Biaya

    Ini salah satu yang sangat-sangat penting! B-I-A-Y-A! Iya, biaya! Kamu sendiri cari kostan dengan budget berapa? Tapi walau cari budget tetap kira-kira juga! Coba lihat situasi dulu buat nentuin budget!  Seperti situasi keadaan keluarga dan juga lingkungan! Kalau lingkungan sekitar kost emang ga memungkinkan untuk budget yang kamu inginkan ya coba untuk menaikkan sedikit budgetnya! Terus tanya juga bayarnya gimana? Jangan sampai waktu jatuh tempo kamu kayak orang bego.. #celingukan.

9. Jarak

    Iya, jarak! Jaraknya dari kost ke kampus jauh ga? Memungkinkan nggak kalau kamu jalan kaki? Kalau kamu mau bawa kendaraan sih nggak masalah tapi coba lihat lagi macet nggak, kalau amcet butuh waktu berapa jam atau menit gitu? #pukpuk.

10. Tempat Strategis

      Di sana banyak yang jual makanan nggak? Kenapa makanan yang keluar di post ini? Ya coba aja bayangin kalau lagi musim hujan terus tempat kost kamu ternyata nggak ada yang jual makanan, kan rempong cyinnnnn #kabur. Intinya, coba lihat tempatnya deh strategis apa kagak!

11. Sinyal

      Coba cek hpmu, sinyalnya ada nggak di kostan? Kalau nggak ada, coba pakai kartu yg lain. Bisa nggak? Kalau nggak bisa, coba cek koneksi internetnya gimana? Kalau semuanya nggak lancar, bisa bikin kamu uring-uringan di kost bahkan kamu nggak bisa komunikasi sama teman bahkan kelaurga lho! #truefact.

12. Lingkungan serta Teman yang Baik

      Lingkungannya enak ga? Nyaman ga? Terus penghuninya gimana? Individual atau gimana? Kalau individual, kamu tipe yang bisa bertahan disana nggak? Kalau nggak, coba cari tempat lain! Kalau iya, ya pilihan kan di kamu! #dudukmanis.



     Itu aja sih tips dari saya, kalau kalian ada tambahan ya udah bagus! Intinya, cari kost tuh yang emang kamu suka terus nyaman gitu. So, selamat mencari kostan! Thankyou and see you next week!

10 comments:

  1. Yang gak kalah penting juga: pencahayaan. Emang mau gitu kamar kost nya gelap di siang hari gara-gara pencahayaan di kostnya jelek? Sinar matahari nya gak tembus sampai ke dalam? Kalau pencahayaan aja udh jelek, otomatis bakal boros listrik karena sepanjang hari lampunya di hidupin. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya... btw salam kenal ya sebelumnya. Ditunggu kunjungan baliknya \o/

      Delete
    2. nah bener banget tuh!! XD
      tapi kalau listriknya nggak token sendiri sih gpp #evillaugh #janganditiruplease
      o iya, sorry baru balas comment n baru berkunjung.. lagi skit soalnya >.<"
      cmiiww ~

      Delete
  2. Dan yang terakhir, peranan khusus ibu kostnya...
    ini menurut gue juga penting :p
    karena gue dapet bu kost yang baik, sering ngasih makanan/sayuran yang udah dimasak buat anak-anak di kosan

    wkwkww

    ReplyDelete
  3. Oh iya.. mau juga nambahin.. Kalo bawa kendaraan juga harus diperhatikan ada garasinya apa enggak? Kalo gak ada ditaruh luar kira kira aman apa enggak? Gitu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bener banget tuhhhhhhhhh >.<)/
      tapi kalau nggak bawa ya udah :v keamanan kost n kamar gitu deh yg diperhatikan hahahaha :p

      Delete
  4. Awalnya gue juga bingung, dan akhirnya sukses salah milih. Nyesal deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah...
      sabar".. tapi udah nggak salah pilih kan?? >.<
      cemangat!!!

      Delete