Friday, January 9, 2015

Bingung gara-gara Universitas? Ngga lagi!

   Sebagai seorang pelajar khususnya SMA kelas 12 pasti pada sempat galau kan tentang memilih universitas yang sesuai denganmu? Mungkin post ini udah telat banget ya soalnya rata-rata udah pada dapat universitas kan? Tapi bagaimana kalau masih ada yang belum dan menutupi karena malu? Apalagi sekarang juga banyak orang yang hanya ikut-ikutan teman sajakan? apa nggak kasihan sama duit ortu? Buat yang belum melanjutkan kejenjang kelas 12 juga bisa menyimak ini kok. Bagaimanapun juga ini kan buat masa depan kalian, ya ga? (udah iya aja #iyainaja). Lalu, solusinya gimana nih buat yang galau gara-gara milih universitas? Nah, karena inilah saya ngepost! *pembaca udah pada siapin sendal* #uhuk. Oke, oke saya kasih tau aja deh ya.. Jadi gini caranya..

1. Cari tahu jurusan yang anda inginkan dimana bila melanjutkan kuliah

   Banyak orang yang sendirinya nggak tau mau kuliah jurusan apa kan? Inilah yang bikin keki sebenernya. Harusnya, kalian itu udah bisa merencakannya dengan matang-matang. Kenapa? ya biar cepet aja gitu, kan enak ga usah mikir mau ambil jurusan apa tinggal cari doang tempat universitasnya. Nah, lalu caranya biar tau minat yang diinginkan gimana? Kamu bisa memulainya dengan hal-hal yang kamu sukai, saran ortu, mengikuti lintas minat yang ada dibimbel, atau hal-hal cemerlang yang saya yakin kamu pasti bisa menemukannya. Ga bisa nemu? sini coba cerita sama saya *kalau ga sibuk* #ditendang. Dan saran saya nih, kalau udah tau minat dan jurusan yang akan diminati, usahakan punya 2 minat karena bagaimanapun untuk mengantisipasi kalau kamu gagal di minat yang pertama. Ga usah cari minat banyak-banyak. Walau mungkin kamu anak yang cerdas tapi ga mungkin juga kan kamu mau ngambil kuliah sampe 10 jurusan dalam kurun waktu yang bersamaan? (ebusyed...)

2. Cari informasi tentang semua universitas (baik PTN maupun PTS)

   Nah, udah tau jurusan yang mau diminati apa? Coba lakuin yang ini! Kenapa sih kita harus mencari informasi tentang universitas? Karena, dengan hal ini kita jadi dapat membandingkan kualitas serta kuantitas dari segi akreditasi, pengajaran, kondisi kampusnya, biayanya, lokasi, jurusan apa saja, dll (untuk selebihnya kamu bisa bertanya ke guru BK/BP disekolahmu) Jadi kita ga salah pilih apabila mau memilih universitas karena kalau semisal salah pilih universitas itu rasanya nyesek banget deh pasti. Kenapa? karena, bayangin aja deh terakhir sekolah 4 tahun lagi masa iya mau salah pilih? kan sayang banget sama kenangan yang ada. Iya gak?. Nah, saran saya yang ini seenggaknya kita punya 2 kampus yang diinginkan karena untuk mengantisipasi kalau yang satunya ga diterima, tapi kalau dua-duanya diterima pilihlah yang paling kamu inginkan dimana.

3. Cari tahu jurusannya

   Nah, tadi udah lirik sana lirik sini kan? Coba lirik yang ini juga deh, Jurusan yang kamu minatin itu ada nggak di kampus yang kamu mau? Karena belum tentu semua kampus itu menyediakan fasilitas/porsi yang sama! Maksudnya gimana? Ya misal kamu pengennya masuk jurusan bahasa alien (emang ada? Namanya juga misal kan? #uhuk) terus ternyata kamu udah nemu tuh kampus yang kamu pengen karena secara letak, biaya, dll udah pas banget sama kamu, tapi ternyata waktu ngelirik ke jurusannya eh jurusan yang kamu mau ga ada gitu deh.. otomatis, kamu harus bisa move on dari jurusan pertama atau move on ke pilihan kampusmu yang satunya..

4. Diskusikan biayanya dengan ortu

   Nah, walaupun udah ngelakuin sampai ke nomor 3 tadi, ngediskusiin biaya ke ortu juga sangat penting. Kenapa? Melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan itu biayanya ga kecil guys! Ga cuma 300rb - 1 juta tapi bisa 10 juta atau lebih! Dan kalau keuangan keluargamu pas-pasan masa iya kamu masih ngotot mau kuliah disana? Walaupun diizinkan tapi namanya sih sama aja ga kasihan sama ortu sendiri! Dan sarannya lagi kalau misal kalian emang keuangannya pas-pasan kalian bisa mengikuti jalur prestasi, atau jalur non akademik kan? Makanya kan saya udah bilang mikirin jauh-jauh itu penting juga karena bagaimanapun kalau mikir jauh-jauh nilai juga ga akan jelek-jelek amat!

5. Mantabkah dengan lokasinya?

   Ya walau sekilas kamu suka dengan lokasinya tapi udah mantab belum? Maksudnya, semisal kamu dari kota kecil terus kamu memilih universitas dikota besar. Otomatis jauh dari ortu, keluarga, sodara, harus mandiri, dll. Apakah kamu sudah siap dengan semua itu? Apabila kamu masih ragu atau masih khawatir dengan ortumu coba bicarakanlah lagi dengan mereka, atau malah ortumu yang khawatir denganmu karena ga bisa mandiri? ya kamu harus bisa menjelaskannya pada ortumu bahwa kamu bisa dan akan baik-baik saja!


   Sekian aja sih ya tips dari saya, semoga tips saya kali ini dapat membantu yang lagi galau gara-gara universitas! Kalau masih butuh saran bisa kok nanya-nanya selagi saya bisa ngebantu ya saya bantu tapi kalau ga bisa ya maapin aja deh. Kan saya bukan guru BP/BK, atau pakar psikologi,dll. Saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan sis/bro! So, selamat mencoba dan semangat! jangan sampai nyesel karena udah salah pilih!!

0 comments:

Post a Comment