Saturday, January 17, 2015

Sahabat di hasut? Sabar ya!!

   Siapa yang sekarang ini temennya lagi direbut sama orang yang iri sama pertemanan kalian? Saya yakin di dunia ini pasti ada kok yang pernah dan yang sedang mengalami kejadian seperti itu (yakin amat lo bel? #bebasbel). Mungkin kalian berpikir sahabat itu kan seharusnya ga mudah dihasut ya? kok bisa pindah ke orang lain?. Eitsss, jangan salah.. Orang yang menghasut sahabatmu itu punya segudang cara biar bikin persahabatanmu pupus dengan cara yang ga kamu sadari atau kamu sadari. Nah, terus gimana dong kalau sahabat kita udah dihasut dan persahabatan kita udah kandas? Memang mungkin dari pihak kamu sendiri ingin berbaikan tapi si penghasut ada di sebelah sahabatmu terus gitu deh.. Lalu apa yang harus kamu lakukan? Cuma merenungi nasib dan meratapi nasib doang gitu sementara si penghasut malah tertawa-tawa di atas penderitaanmu dan bahkan sahabatmu sudah asyik dengan mereka? SALAH BESAR!! Kamu ga harus merenungi nasibmu itu! Kamu bisa berubah kok! Bahkan, kamu bisa membuat dirimu menjadi pemenang nantinya! Dan kamu harus membuktikan bahwa walaupun tanpanya kamu akan tetap baik-baik saja! Mau tau caranya? Nih saya kasih tau daripada durasi, soalnya saya yakin pasti udah pada nyiapin sendal kan? (… tau aja sial #bellagitulho). So, inilah caranya..

1. Jangan marah, tapi intropeksi!

   Nah, biasanya kita marah, sedih, dll kan? SALAH! Dengan adanya hal ini, kita seharusnya jangan marah, galau, dll tapi kita harusnya intropeksi diri. Intropeksi kenapa? Padahal kan bukan kamu yang salah? Eits, ga semua intropeksi diri itu harus kita yang salah. Tapi, dengan intropeksi kita jadi lebih tau yang mana temen, yang mana musuh,dll. Dan dengan intropeksi, kita bisa jadi lebih punya motivasi buat kedepannya biar hal yang lalu ga terulang kembali untuk kedepannya.

2. Anggap biasa saja dengan disertai sikap yang biasa juga

   Nah, pasti sulit kan? Memang pasti sulit, tapi inget dengan apa yang udah si penghasut lakukan terhadap persahabatmu itu! Jangan biarkan si penghasut tau kalau kamu itu lagi galau to the max gitu gara-gara sahabatmu direbut, itu malah bikin si penghasut jadi tambah senang dan tambah pingin menghancurkanmu! Galau boleh kok, tapi NGOTAK! Seenggaknya kalau mau galau kalian bisa nulis diary, cerita ke orang tua (buat yang dekat), cerita ke guru BP/BK (yang jelas ini pasti cuma bilang sabar aja *biasanya*), teriak-teriak ga jelas di atap rumah (?), atau bisa curhat ke saya *kalau saya ga sibuk* #dilemparsendal.

3. Kalau ketemu cuek aja

   Udah ngelakuin yang diatas? Lakukanlah yang ini! Cuek aja, anggep aja kamu tuh ga ngeliat mereka gitu. Sibukin diri aja dengan hal-hal yang kamu senangi seperti jungkir baliklah, teriak pake toa lah, dll (saya yakin kalian pasti tau kan yang kamu senangi itu apa? gak tau? saya cuma mau ngomong #pukpuk) #kabur.

4. Berusaha dengan kemampuan sendiri

   Susah? Memang pertama pasti susah kok. Tapi kalau itu kamu bisa mengubah mindset kamu dengan “Aku pasti bisa” pasti rintangan, halangan, badai, topan, dll (lebay deh) pasti akan bisa kamu lewati kok! Tapi walau bagaimanapun juga kamu harus punya teman yang lain ga mengandalkan diri sendiri terlalu over juga karena bagaimanapun juga kita ini makhluk sosial! Kalian mau di sangka alien nyasar ke bumi gara-gara ga bersosialiasi dan terlalu asyik dengan kemampuan sendiri? ckck..

5. Tingkatkan prestasimu

   Nah ini sangat penting guys! Kenapa ini penting? Karena dengan kamu meningkatkan prestasimu, kamu dapat membanggakan diri didepan mereka dan nilaimu pun meningkat, dipuji guru, dipuji ortu, dapet hadiah, diri sendiri bangga, banyak teman, dll. Tapi ada mata pelajaran tertentu yang kamu udah belajar tetap ga bisa? Nggak apa, di dunia ini ga ada makhluk yang sempurna kok! Kamu bisa meningkatkan mata pelajaran yang lainnya kan? Tapi ingat, kalau prestasi udah meningkat jangan sombong dan jangan songong!

6. Senyum dan Maafkan

   Kalau kamu ketemu mereka setelah melakukan ke-5 diatas, lakukanlah yang terakhir ini.. Senyumin aja kalau ketemu mereka lagi! Dendam? Pastilah.. Siapa coba yang didunia ini ga sebel sama yang begituan? Tapi, bagaimanapun juga kita ini makhluk yang sempurna di mata sang pencipta. Kamu nggak mau kan jadi orang yang pendendam? So, senyumin aja dan maafkan saja mereka. Toh dengan cobaan tadi kita bisa sukses kan?

   Jadi, itulah beberapa tips dari saya. Mungkin tips-tips saya selalu ngawur atau semacamnya. Tapi siapa tau aja kan bermanfaat karena ada yang dapat diambil didalamnya? Hal ini pernah terjadi kok sama saya dan saya mempraktekkan hal ini dan ternyata cukup efektif hingga membuat nilai saya naik waktu itu. Masih galau lagi? Pantengin aja blog ini deh, siapa tau kegalauan kalian pergi gitu ntah kemana (malah promosi #bebasbel). So, sekian dan Terima kasih!! ^^

3 comments: